Pages

Google Custom Search Engine

Friday, July 9, 2010

History of Batik in Indonesia

History of batik in Indonesia closely associated with the development and dissemination of Majapahit kingdom in Java to Islam. In some entries, the development of batik many times do the Mataram kingdom, then the kingdom of Solo and Yogyakarta.

So the arts of batik in Indonesia has been known since the time of Majapahit kingdom and continue to grow the government and the subsequent kings. Batik art in general to be widespread in Indonesia and in particular the Java quarter after the end of the century or the beginning of XVIII-XIX century.

However, batik technique itself has been known for decades (Millennium), probably derived from ancient Egyptian or Sumerian. It is widespread in several West African countries like Nigeria, Cameroon and Mali, or in Asia, like India, Sri Lanka, Bangladesh, Iran, Thailand, Malaysia and Indonesia.

Batik is all hand-produced until the early XX century and printed batik new only known after the First World War ended or around the year 1920.

Batik art is art photos on fabric for clothes as one of the kings of the family culture of Indonesia first time. Initially the activities of making batik is limited in the Kingdom and it is only produced for the clothes of the king and his chiefs. Because many of the speakers live outside the Kingdom, the art of batik was brought by them out of the kingdom and also created their own place.

Old-old art of batik is imitated by the masses and became more widespread employment of women in their families to fill my free time.

Among the materials used are tediri dye from plants in Indonesia, among others, made their own from: noni tree, height, Soga, Nila, and materials made from soda ash sodanya, as well as salt made from clay mud.

Article Source: Wikipedia

5 comments:

Anonymous said...

batik merupakan aset dari kebudayaan indonesia, dan pada saat ini kembali muncul dengan gayanya yang lebih trendi.
banyak anak muda zaman sekarang yang menggunakan batik gaul, mulai dari tas batik, topi batik, sepatu batik, dll.

dari tulisan yang ada, sudah selayaknya pemuda-pemudi indonesia melestarikan seni membatik. dan ada cukup peluang untuk berbisnis batik karena batik sangat digemari di dalam negeri maupun luar negeri.

Anonymous said...

batik indonesia itu merupakan salah satu kebudayaan negeri yang sangat terkenal.pada zaman dulu kebanyakan yang memakai batik adalah orang-orang tua , tapi sekarang seiring perkembangan zaman yang semakin modrn dan trendy ini, batik kembali digemari masyarakat yang pada umumnya adalah kaum muda.
batik ini sendiri terdiri dari berbagai motif, yang dimana motif tersebut menggambarkan arti dari ukiran-ukiran itu.
saat ini batik telah dimodifikasi kedalam beberapa bentuk yang biasanya disebut "Batik Gaul". adapun bentuk tersebut seperti topi batik, tas batik, sepatu batik, bola batik, dll.
desain batik aslipun sekarang telah dipengaruhi oleh budaya asing,saperti batik buketan asal pekalongan yang desainnya di pengaruhi eropa.
nah, karna itu sebagai anak bangsa sudah seharusnya kita melestarikan budaya batik di negri sendiri.
peluang bisnis batik inipun cukup baik untuk dicoba, sebab masyarakat luas sanagt menggemari batik.

"kumala sari"

SITI LIRA LESTARI said...

"Batik"
menurut saya,Batik harus terus dilestarikan,karena batik merupakan salah satu ciri khas budaya indonesia.Dan seharusnya kita sebagai rakyat indonesia harus bangga mempunyai seni budaya batik sebab banyak negara-negara lain yang menyukai batik dari keindahan dan keunikan ukirannya.Hingga negara tetangga kita seperti malaysia pun sampai mengakui bahwa batik itu milik negara mereka.Agar peristiwa itu tidak terjadi lagi, kita sebagai warga negara indonesia yang baik harus lebih mencintai dan melestarikan budaya negara sendiri.

Mike Pratiwi said...

"batik"
saya sebagai warga negara indonesia merasa bangga karena batik jaman sekarang sudah terkenal dimana-mana dan sekarang warga indonesia tidak malu lagi kalau menggunakan batik.walaupun sempat terdengar kabar yang kurang enak beberapa bulan lalu. kita sebagai warga indonesia harus menjaga budaya-budaya yang kita miliki contohnya ya batik ini.

teguh zein said...

sejarah batik memang sangat tua,tetapi saya yakin pesona batik akan terus ada dalam benak warga negara indonesia karna batik merupakan peninggalan kerajaan-kerajaan besar yang telah membawa nama baik indonesia karena batik juga sering dipakai dalam acara kewarganegaraan oleh raja-raja dulu atau dalam pemerintahan sekarang.saya sangat terkesan karena dipuncak tahun 2010 banyak sekali orang-orang enterpreuneur yang membuat inovasi batik dari desain yang sederhana hingga dimodifikasi modern mengikuti zaman sehingga banyak pula kaula muda yang enggan memakai batik sekarang justru senang memakai batik sampai mengoleksinya untuk acara-acara party.semoga batik akan terus berkembang dengan motif-motif yang kaya akan sentuhan orang-orang kreatif dan kita semua.