Google Custom Search Engine

Wednesday, July 14, 2010

Wayang Golek (Indonesian's wooden doll puppets)

On occasion now, I will discuss and share information about the Wayang Golek as an original Indonesian art and culture. As a citizen of Indonesia, I really admire the philosophy of stories that exist in each of the Wayang Golek show performances. Dalang is a person who plays each of the characters and stories in a Wayang Golek show. One of the famous Dalang from West Java is Asep Sunandar Sunarya.
Wayang golek are wooden doll puppets that are operated from below by rods connected to the hands and a central control rod that runs through the body to the head. The simple construction of the puppets belies their versatility, expressiveness and aptitude for imitating human dance. Little is known for certain about the history of wayang golek, but scholars have speculated that it most likely originated in China and arrived in Java sometime in the 17th century. Some of the oldest traditions of wayang golek are from the north coast of Java in what is called the pasisir region. This is home to some of the oldest Muslim kingdoms in Java and it is likely the wayang golek grew in popularity through telling the wayang menak stories of Amir Hamza, the uncle of Muhammad. These stories are still widely performed in Kabumen, Tegal, and Jepara as wayang golek menak, and in Cirebon, wayang golek cepak. Legendary origins of wayang golek attribute their invention to the Muslim saint Wali Sunan Kudus, who used the medium to proselytize Muslim values. In the 18th century the tradition moved into the mountains of West Java where it eventually was used to tell stories of the Ramayana and the Mahabarata in a tradition now called wayang golek purwa, which can be found in Bandung, Bogor and Jakarta. Wayang golek purwa has become the most popular form of wayang golek today and the most famous puppeteer family is the Sunarya family which has produced several generations of stellar performers.
Refference: Wikipedia

6 comments:

Intan Wirmaningsih said...

"wayang golek"

wayang golek adalah salah satu kerajinan yang berasal dari jawa barat. yang terbuat dari potongan-potongan kayu yang disesuaikan, biasanya wayang golek diadakan setiap ada acara tertentu.
yang selalu ada pada saat acara-acara pertemuan antar daerah yang dilaksanakan dijawa barat.
wayang golek yang dimainkan oleh dalang.
karang ini sudah sangat jarang terlihat acara wayang golek, wayang golek harus lebih diperkenalkan pada anak-anak muda sekarang ini, untuk pelestarian wayang golek itu.

Tati Anggraini said...

Wayang Golek merupakan salah satu hasil karya seni budaya dari Tanah sunda yang sampai saat ini masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain menjadi sebuah fenomena unik dalam negeri, kini wayang golek juga banyak diminati oleh wisatawan asing. Mereka menjadikan kesenian dari Jawa Barat ini sebagai buah tangan dari Indonesia untuk dijadikan hadiah,atau hiasan rumah mereka.

tris setya dewangga said...

Pada kesempatan ini, saya akan mendiskusikan dan berbagi informasi tentang Wayang Golek sebagai seni Indonesia dan budaya. Sebagai salah satu warga Indonesia, Aku sangat menghormati filsafat dari cerita yang berada di masing-masing Wayang Golek memperlihatkan kinerja. Dalang adalah seseorang yang memainkan masing-masing sebesar karakter dan cerita pada satu Wayang Golek perlihatkan. Salah satu terkenal Dalang dari Jawa Barat adalah Asep Sunandar Sunarya.
Wayang golek adalah wayang boneka kayu yang dioperasikan dari di bawah menghubungkan ke sampai dan satu batang kendali pusat yang menghabiskan tubuh ke kepala. Konstruksi sederhana dari wayang mengingkari kepandaian macam-macam mereka, ekspresi dan keserasian untuk meniru manusia berdansa. Kecil diketahui untuk tertentu tentang riwayat dari golek wayang, tapi yang sarjana telah pertimbangkan bahwa ini hampir bisa dipastikan dimulai di Cina dan didatangi di Jawa kadang pada abad ke-17. Beberapa adat-istiadat paling tua dari wayang golek dari pantai utara dari Jawa di yang dipanggil daerah pasisir. Ini rumah ke beberapa Orang Islam paling tua kerajaan di Jawa dan kemungkinan wayang golek ditumbuh di ketenaran melalui perkataan wayang cerita menak dari Hamza Amir, paman dari Muhammad. Cerita ini masih secara luas terlaksana di Kabumen, Tegal, dan Jepara seperti golek menak wayang, dan di Cirebon, golek cepak wayang. Asal Legendary dari wayang golek menujukan penemuan mereka ke Orang Islam menganggap sebagai orang suci Wali Sunan Kudus, siapa dipergunakan medium untuk menarik masuk nilai Orang Islam. Pada abad ke-18 adat-istiadat yang menggerakkan ke dalam pegunungan dari Jawa Barat kemana ini padahal biasanya mengatakan cerita dari Ramayana dan Mahabarata pada satu adat-istiadat sekarang memanggil golek purwa wayang, yang dapat ditemukan di Bandung, Bogor dan Jakarta. Wayang yang golek purwa telah jadi bentuk paling populer dari wayang golek hari ini dan dalang yang paling terkenal keluarga adalah keluarga Sunarya yang mana telah menghasilkan beberapa generasi dengan pemain sandiwara bintang.

Farid santosa said...

"WAYANG GOLEK"
wayang golek adalah sebuah benda yang terbuat dari kayu dan ditambahkan dengan menggunakan semua kain kemudian dimainkan oleh seorang dalang. wayang golek ini sangat terkenal di daerah jawa barat tepatnya di daerah sunda. saat ini wayang golek jarang sekali di temukan. karena perkembangan jaman yang sangat berbeda jauh dari sebelum-belumnya. wayang golek ini perlu di lestarikan lagi supaya wayang golek tidak puna atau hilang begitu aja. karena wayang golek ini adalah salah satu ciri orang khas sunda kalau mengadakan acara seperti, perkawinan, khianatan, dan sbagainnya.

Anonymous said...

KumALa SaRi

wayang golek merupakan kesenian rakyat dari jawa barat. biasanya wayang ini dimainkan oleh seorang dalang yang di iringi oleh gamelan sunda, kendang , selentem , dan alat-alat musik sunda lainnya. dewasa ini kesenian wayang golek sepertinya sudah jarang diminati oleh masyarakat, khususnya kaum muda sebab orang muda sekarang sudah banyak dipengaruhi oleh kebudayaan luar (modern). dahulu kala wayang golek digunakan sebagai media penyebaran agama islam.
nahhh,, sudah seharusnya sebagai anak bangsa ... marilah kita melestarikan kebudayaan dan kesenian yang ada di tanah indonesia ini, agar kebudayaan yang kita miliki tidak di ambil ato di aku-akuin oleh negara lain.
...n_n...

Misbahudin said...

Dengan seiring nya zaman, kini wayang golek di negri kita hanya tinggal sebuah nama, sangat-sangat jarang sekali ada nya pertunjukan wayang golek.Wayang golek merupakan salah satu kerajinan yang berasal dari jawa barat yang banyak diminati oleh kalangan remaja maupun dewasa, dan wayang golek juga merupakan salah satu peninggalan dari nenek moyang kita yang harus dikembangkan.