Google Custom Search Engine

Wednesday, May 28, 2008

Mana Yang Lebih Utama ???

Pertanyaan :

Mana yang lebih utama… orang yang mengerjakan dosa-dosa besar atau orang yang mengerjakan dosa-dosa kecil?


Pertanyaan ini dapat menghasilkan tiga jawaban; yakni sebagai berikut:


Jawaban 1:

Orang yang mengerjakan dosa-dosa kecil lebih utama daripada orang yang mengerjakan dosa-dosa besar.

Alasannya: orang yang mengerjakan dosa-dosa kecil jelas lebih mudah diampuni Allah SWT.

Jawaban 2 :

Orang yang tidak mengerjakan keduanya.

Alasannya: dengan tidak mengerjakan keduanya, tentu tidak memerlukan pengampunan dari Allah SWT.

Jawaban 3:

Orang yang mengerjakan dosa-dosa besar.

Alasannya: pengampunan Allah SWT kepada hamba-Nya sebanding dengan besarnya dosa sang hamba itu.

Sobat.. mari kita renungkan, mengapa satu pertanyaan yang sama dapat menghasilkan tiga jawaban yang berbeda???

Hal ini disebabkan manusia dibagi tiga tingkatan, yakni: (1) Tingkatan mata; (2) Tingkatan Otak; dan (3) Tingkatan Hati.

Maksudnya ???

Anak kecil yang melihat bintang di langit... ia mengatakan bintang itu kecil, karena ia hanya menggunakan mata... Itulah Tingkatan Mata.

Orang yang pandai melihat bintang di langit, ia mengatakan bintang itu besar karena ia memiliki ilmu pengetahuan.. Itulah Tingkatan Otak.

Orang pandai dan mengerti yang melihat bintang di langit, ia tetap mengatakan mengatakan bintang itu kecil walaupun ia tahu bahwa bintang itu besar. Karena, baginya tidak ada sesuatu apa pun yang lebih besar jika dibandingkan dengan kebesaran Allah SWT... Itulah Tingkatan Hati.


Sumber: Ania, Gadis. Humor Cerdas Dunia Islam. RumahKata. Jogjakarta. 2005

15 comments:

Ayu Ambarsari Hanafiah said...

subhanallah.. :)
saya baru tau nnih. pengetahuan baru bangets. makasih mas..

GarasiBaca d'books said...

wuih, dalem banget ilmu nya...

Budi Setiawan said...

@ayu ambarsari; @garasibaca d'books:
Insya Allah menjadi bahan renungan kita bersama yaa, trims

nina said...

betul2 postingan yang penuh pencerahan buat jiwa yang sedang hampa yang penuh gundah gulana...

christi said...

enak jg baca blog yg kaya ilmu gini..slam knal ya

antown said...

saya jadi berpikir... siapalah diri saya sebenarnya, tidak ada apa-apanya....

Boim Lebon said...

wah kalau disuruh pilih mending milih melakukan amal besar aja deh...he..hee

phie said...

such a wise post, nice :)

nindya said...

Bagus nih blognya... penyegaran hati biar lebih beriman....

Budi Setiawan said...

@Nina; @Christi; @Phie; @Nindya:
Thanks...

Budi Setiawan said...

@Antown; @Boim Lebon:
Mari bersama kita saling mengingatkan untuk senantiasa menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya... Insya Allah

ririn said...

wah,, saya juga baru sadar,hehe.. abis baca posting ini saya jadi mendadak merenung.. hh, moga2 bisa termasuk orang2 yang jawab pake hati =D

dee said...

trima ksh utk renungannya hr ini. jd inget dosa2 saya.. apa aja ya? sepertinya udah ga terhitung..

Sulae said...

Oiyaa yaa...bener juga om budi...berarti selama ini saya cuma pake kolaborasi antara mata dengan otak yaa...waahhh mesti banyak belajar nih....makasih pencerahannya om budi....

Rian said...

bener... ngeblog tuh belajar ga usah pake bayar2 tutor... cari di internet n sharing pengalaman kita.... tar kasihan yg sudah bayar eh ternyata cuma segitu aja... mendinbguang buat bli hosting hahahaha